Use And Gratification Model

Use And Gratification Model/ Model Kegunaan Dan Kepuasan
Model ini merupakan pergeseran fokus dari tujuan komunikator kepada tujuan komunikan. Model ini menunjukkan fungsi komunikasi massa dalam melayani khalayak.

Model ini menyatakan bahwa yang menjadi permasalahan utama bukanlah “bagaimana media mengubah perilaku khalayak”, tapi “bagaimana media memenuhi kebutuhan khalayak”.

Model ini memulai dengan lingkungan sosial yang menentukan kebutuhan kita. Kebutuhan individual sendiri dikategorikan sebagai berikut :

a. Kebutuhan kognitif
Berkaitan dengan peneguhan informasi, pengetahuan, da pemahaman mengenai lingkungan yang didasarkan pada hasrat untuk memahami dan menguasai lingkungan; juga memuaskan rasa penasaran.

b. Kebutuhan afektif
Berkaitan dengan peneguhan pengalaman-pengalaman yang menyenangkan dan emosional.

c. Kebutuhan pribadi secara integratif
Berkaitan dengan peneguhan kredibilitas, kepercayaan, stabilitas, dan status individual terkait hasrat akan harga diri.

d. Kebutuhan sosial secara integratif
Berkaitan dengan peneguhan kontak dengan keluarga, teman, dan dunia terkait hasrta untuk berafiliasi.

e. Kebutuhan pelepasan
Berkaitan dengan upaya menghindari tekanan, ketegangan, dan hasrat akan keanekaragaman.

9. Clozentropy Theory/ Teori Clozentropy
Penelitian dengan landasan teori ini dilakukan karena dalam komunikasi internasional, disatu pihak pesan dari negara A perlu diterjemahkan ketika disampaikan kepada negara B,tapi dilain pihak ada juga yang tidak memerlukan penerjemahan.

Kendati demikian, timbul pertanyaan apakah dalam komunikasi dengan menggunakan bahasa resmi yang sama itu dapat diperoleh pemahaman yang maksimal, jika pesan yang disampaikan itu dalam konteks nasional dan kebudayaan yang berbeda.

Studi ini menunjukkan pentingnya pra keakraban dengan isi pesan dalam hubungannya dengan pengertian pesan komunikasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: